MODUL UTAMA

KEBUN KELOR ORGANIK

Pengantar Modul

Tanaman Kelor telah dikenal selama berabad-abad sebagai tanaman multi guna, padat nutrisi dan berkhasiat obat. Mengandung senyawa alami yang lebih banyak dan beragam dibanding jenis tanaman lainnya yang ada. Tanaman Kelor mengandung 46 anti oksidan kuat yang melindungi tubuh dari radikal bebas, mengandung 18 asam amino (8 diantaranya esensial) yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel baru, 36 senyawa anti inflamasi, serta 90 nutrisi alami seperti vitamin dan mineral.

Kelor tumbuh dengan cepat dan mudah untuk diolah. Daun Kelor, segar atau diolah menjadi serbuk kering, dapat digunakan sebagai bahan makanan sehari-hari dalam banyak cara: seperti dalam makanan siap saji, jus, roti, pasta, mie, bumbu, sup instan, dll. Makanan ini dapat digunakan dalam rumah tangga, sekolah kafetaria, apotik, bangsal bersalin, pusat rehabilitasi gizi, serta restoran dan supermarket.

Tanaman Kelor adalah sumber nutrisi yang luar biasa di negara-negara berkembang. Selain itu, daun Kelor yang disajikan dalam berbagai olahan makanan dan minuman, merupakan sumber pendapatan dan lapangan kerja yang menjanjikan.

Modul pembelajaram ini memaparkan metode budidaya khas Moringa Organik Indonesia, berdasarkan pengalaman kami mengembangkan Kebun Kelor Organik di Blora, Madura dan Nusa Tenggara Timur.  Metode yang dikenal praktisi kelor sebagai Moringa Nutrition Lock Methode atau Metode Pengunci Nutrisi Kelor, temuan asli putra Bangsa Indonesia.

Tentu saja ada banyak metode budidaya tanaman Kelor, dan kami pun tidak mengklaim bahwa metode budidaya yang kami kembangkan sebagai yang terbaik. Namun demikian, metode Budidaya dan Pengolahan Tanaman Kelor yang kami lakukan, sudah mendapatkan sertifikasi organik dari lembaga sertifikasi organik internasional CERES (Jerman) untuk budidaya dan pengolahannya. Dan hasil pasca panennya telah pula dibuktikan dengan hasil uji kandungan nutrisi oleh Laboratorium independen Saraswanti Indo Genetic – Bogor.

APA YANG DIDAPAT ?

Pembelajaran dilakukan dengan tiga metode :
1. Mengirimkan materi dalam bentuk : file Video, File Presentasi dan file Pdf.
2. Online Diskusi melalui Google Meet pada jadwal yang ditentukan  
9. Konsultasi melalui WhatsApp atau Telegram

Mengenal Tanaman Kelor

Mengenal lebih dalam keunggulan tanaman Kelor sebagai sumber SuperFood dan Rangkaian Proses Budidaya serta Pengolahannya.  

Proses Budidaya Kelor Organik

Proses yang harus dilalui dalam membangun Kebun dan Pengolahan Kelor Organik. Proses-pross ini akan diperdalam dalam materi selanjutnya.

Persiapan Lahan

Mengetahui lahan yang baik untuk membangun kebun Kelor agar optimal hasil panennya dan langkah-langkah yang harus dipersiapkan.

Pembibitan dan Penanaman

MOI memiliki cara khas dalam menyiapkan bibit untuk ditanam di kebun Kelor organik. Cara ini terbukti berhasil di atas 90 % tumbuh baik.

Pemeliharaan Kebun

Kebun Kelor klaster daun harus dipelihara dengan cara yang tepat agar bisa dipetik hasilnya setiap bulan selama lebih dari 30 tahun usianya.

Panen dan Pasca Panen

Kelor yang dipanen dan diolah dengan cara yang tidak tepat, akan merusak kandungan nutrisi didalamnya. Ini point penting.

Pengeringan Daun Kelor

Pengeringan daun Kelor merupakan titk kritis dalam usaha berbasis Kelor karena pengaruhnya sangat besar terhadap kualitas nutrisi produk.

Membuat Teh Daun Kelor

Menjual langsung daun Kelor kering sebagai hasil produksi memang lebih mudah. Namun, jika ingin keuntungan lebih, jual dalam bentuk Teh daun. 

Membuat Teh Celup Daun Kelor

Pengembangan produk sederhana selanjutnya adalah membuat Teh Celup Kelor. Produk ini dapat dikembangkan menjadi produk yang spesial di pasaran.

Pemasaran Produk

Ada banyak strategi dalam memasarkan produk daun Kelor kering dan turunannya. Namun semua akan sangat tergantung dari kualitas produk yang dihasilkan, 

Sample Video
Panen Daun Kelor.

DAFTAR SEKARANG

DAPATKAN BONUS MODUL BISNIS KELOR